GOOGLE CHROME

Google chrome Beta
Google yang dikenal sebagai mesin pencari, menelorkan sebuah browser yang diberi nama “Chrome”. Seperti kata pepatah tak melihat maka tak sayang, maka sayapun mendownload untuk melihat isi Chrome, sapa tahu bisa jadi sayang pada pandangan pertama :D

Untuk menginstal Google Chrome silahkan kunjungi websitenya: http://www.google.com/chrome. Spesifikasi yang dibutuhkan adalah komputer dengan Windows Xp SP2. Untuk menginstal dibutuhkan sambungan internet karena sistem instalasinya adalah secara online. Namun bisa juga menginstal secara offline. Beberapa situs menyediakan instaler Google Chrome, ukurannya sekitar 7 mega. Instaler tersebut bisa dicari lewat Google. Bahkan ada juga yang menyediakan versi portablenya. Untuk versi portable bisa didownload disini download Chrome Portable(11 Mega).

Setelah melihat dan mencoba coba, berikut ini sekilas mengenai Google Chrome yang masih dalam tahap beta ini :
  • Saat pertama kali membuka halaman akan ada kotak-kotak yang menampilkan website yang sering dikunjungi, mirip fitur yang ada di Opera Browser. (gambar 1) Bahasa yang digunakan adalah tergantung wilayahnya, bagi pengguna di Indonesia maka bahasa default adalah bahasa Indonesia. Agak aneh bahasa Indonesianya, lebih enak menggunakan versi bahasa Inggris. Bahasa bisa diubah di bagian Pilihan - Utak Atik Dikit - Font dan bahasa.
  • Tampilannya cukup minimalis dan pada samping kanan setiap tab ada tanda + untuk menambah tab baru. (Gambar 2) Uniknya setiap tab adalah sebagai aplikasi yang berbeda. Jadi jika membuka 5 tab, sama saja kita membuka 5 buah aplikasi Chrome. Untuk melihat task manager Chrome bisa dengan menekan Shift+Escape. Selain itu setiap tab bisa digeser untuk keluar menjadi jendela tersendiri.
  • Ada fitur yang bertajuk “Incognito” atau bahasa Indonesianya “Penyamaran”. Jadi situs yang dibuka dengan Incognito tidak akan masuk history, cache image dsb. Caranya dari menu pilih “Jendela Penyamaran Baru” atau dengan Ctrl+Shift+N. (Gambar 3)
  • Menu “Buat pintasan aplikasi” bisa digunakan untuk membuat shortcut menuju sebuah halaman web. Shortcut ini bisa muncul di desktop,start menu atau quick launch bar. Sehingga bila ingin mengunjungi halaman tadi tinggal klik shortcut tersebut.
  • Apabila sebuah tab tertutup tanpa sengaja maka bisa diundo dengan menekan Ctrl+T. Akan ada daftar tab yang terakhir ditutup.
  • Seperti browser lainnya di halaman web yang dibuka bisa menekan klik kanan untuk menampilkan menu-menu yang berkaitan.
  • Saat mendownload, proses mendownload ada di bagian kiri bawah. (Gambar 4)
  • Ada salah satu fitur yang hilang yaitu untuk membuka halaman yang sudah disimpan. Tidak ada menu open. Ataukah saya yang terlewat ya.

Begitulah kurang lebih sekilas mengenai Google Chrome. Untuk ukuran browser yang baru lahir saya kira cukup bagus. Biasanya saya menggunakan Opera atau Firefox, dengan adanya Chrome bisa jadi alternatif lain buat browsing.

Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya, isi komen ya


U COMMENT I FOLLOW

Direktori Dropship Indonesia

Direktori Dropship Indonesia
Cari Bisnis dan Supplier untuk Binis Dropship di www.dropshiper.id